1/24/23

Mangrove Map Berikan Pelatihan Pemetaan Dasar untuk Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri


Suasana pelatihan pemetaan dasar.

Semarang - Mangrove Map. Mangrove Map kembali menyelenggarakan Pelatihan Pemetaan Dasar, kali ini diikuti oleh Ruth Roselin Erniwaty Nainggolan, seorang dosen dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang sedang menyelesaikan tugas belajar di Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam program Doktor Perencanaan Wilayah dan Tata Kota (PWK). (27/12/2022).

Kegiatan yang dimulai  pada pukul 11.00 - 16.00 WIB ini, diselenggarakan di A+ Workspace, Banyumanik, Semarang, dengan materi sebagai berikut:

1. Pengenalan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penggunaan Software Google Earth Pro.
2. Pengenalan dan Instalasi Software QGIS.
3. Pemanggilan Data Vector dan Raster.
4. Pemanggilan Data Basemap
5. Georeferensi Peta.
6. Digitasi Peta.
7. Attribute Table dan Simbologi Peta.
8. Layouting Peta.

Bagus R. D. Angga (Trainer) mengatakan bahwa keseluruhan materi pelatihan tersebut memiliki bobot pembelajaran sebanyak 8 Jam Pelajaran (JP).

"Hari ini, Mangrove Map kembali menyelenggarakan kelas private pemetaan dasar," terang Bagus. "Ini adalah untuk yang kesekian kalinya kami lakukan, mengingat peserta ingin lebih banyak mendapatkan pengetahuan mengenai pemetaan secara lebih mendalam," terangnya lebih lanjut. 

Ruth menjelaskan bahwa penelitian doktoral yang sedang dijalaninya saat ini, adalah mengenai tata kelola wilayah pesisir di Kota Semarang. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pendekatan analisis kebijakan dan ruang secara lebih menyeluruh sehingga diperlukan keahlian dalam bidang pemetaan.


Penyerahan sertifikat pelatihan.

“Pelatihan private yang diberikan oleh Mangrove Map akan dapat memudahkan saya selaku dosen dan peneliti dalam mendalami materi,” katanya.

Mangrove Map juga memberikan modul pelatihan pemetaan dasar dan video tutorial untuk memaksimalkan proses pembelajaran. 

"Saya berharap, setelah penyampaian materi dan diskusi selesai, maka pengetahuan yang saya sampaikan dapat dimengerti dan dipahami sehingga dapat bermanfaat untuk Ibu Ruth dalam menyelesaiakan studinya," harap Bagus.

Keseluruhan kegiatan pelatihan berjalan dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama. (ADM/PGMP/AP).

No comments:

Post a Comment