9/13/16

DKP Kabupaten Kulon Progo Berkunjung ke Kantor Mangrove Map

DKP Yogyakarta berkunjung ke Kantor Mangrove Map.

Semarang - Mangrove Map. Pada tanggal 8 September 2016, Mangrove Map kedatangan tamu dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kab. Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, dibahas banyak hal mengenai pengelolaan mangrove, salah satunya mengenai pemetaan mangrove di Kab. Kulon Progo, terutama pemetaan mangrove menggunakan drone atau yang sering dikenal dengan peta foto udara.

Dengan mengunakan peta foto udara, maka akan didapatkaan peta dengan resolusi dan ketelitian tinggi sehingga akan dapat mengetahui kondisi eksisting mangrove, baik luasan mangrove maupun sebaran mangrovenya. 

Dengan menggunakan peta mangrove, juga dapat dilakukan analisis lanjutan, yaitu untuk analisis rehabilitasi mangrove dan monitoring mangrove.

Keberadaan mangrove di Kab. Kulon Progo memang sedikit, karena kondisinya yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan substratnya yang berpasir, namun di daerah-daerah tertentu yang terlindung, terdapat ekosistem mangrove, sehingga perlu dilakukan pemetaan mangrove secara menyeluruh. (RKY).

No comments:

Post a Comment