11/7/16

Tim Surveyor Mangrove Map Lakukan Analisis Vegetasi Mangrove di Segara Anakan, Cilacap

Pengukuran analisis vegetasi mangrove menggunakan transek.

Cilacap - Mangrove Map. Pada tanggal 17 Oktober 2016, tim surveyor Mangrove Map melakukan survei mengenai analisis vegetasi mangrove di wilayah perairan PT. Pelabuhan Indonesia (PELINDO) III yang berada di sungai Segara Anakan, Cilacap. Pada kesempatan kali ini Mangrove Map bekerja sama dengan CV. Oase Shorea.

Survei dilakukan di enam titik di sekitar sungai Segara Anakan. Surveyor Mangrove Map, yaitu Abdul Majid A. H. dan Ramli Kartika Y. melakukan pengambilan data diameter batang mangrove, spesies mangrove yang terdapat di lokasi, jenis substrat dan dokumentasi lokasi, serta tracking area menggunakan GPS.

Kegiatan ini, rutin dilakukan oleh PELINDO III setiap dua kali dalam setahun. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk memonitoring wilayah ekologi yang berada di sekitar perairan PELINDO III.

Surveyor Mangrove Map melakukan pengukuran diameter batang mangrove.

Selain monitoring rutin terhadap kawasan ekologinya, khususnya mangrove, PT. PELINDO III juga melakukan kegiatan pengukuran bathimetri guna mengukur kedalaman di sekitar sungai.

Komponen mangrove mayor yang ditemukan di lokasi ini, diantaranya adalah Avicennia alba, Avicennia marina, Bruguiera gymnorrhiza, Ceriops tagal, Nypa fruticans, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata dan Sonneratia caseolaris.

Sementara itu, untuk komponen mangrove minor. teridentifikasi Acrostichum aureum, Aegiceras corniculatum, Excoecaria agallocha dan Xylocarpus granatum.

Ditemukan juga beberapa spesies mangrove asosiasi, diantaranya Acanthus ilicifolius, Finlaysonia maritime dan Hibiscus tiliaceus. (Penulis/Foto: Abdul Majid Al Hanif - Mangrove Map).

No comments:

Post a Comment